HTML versi 5

Standard

HTML5 adalah revisi utama berikutnya dari HTML (Hypertext Markup Language), bahasa markup inti dari World Wide Web. Web Hypertext Application Technology Working Group (WHATWG) mulai bekerja pada spesifikasi pada bulan Juni 2004 di bawah nama Aplikasi Web 1.0. Pada Oktober 2009,, spesifikasi di “Last Call” di negara WHATWG.

HTML5 adalah standar berikutnya diusulkan untuk HTML 4.01, XHTML 1.0 dan DOM Level 2 HTML.

HTML5 bertujuan untuk mengurangi kebutuhan berpemilik plug-in berbasis aplikasi Internet yang kaya (RIA) teknologi seperti Adobe Flash, Microsoft Silverlight, dan Sun JavaFX.

Ide-ide di balik HTML5 yang dipelopori pada tahun 2004 oleh WHATWG; HTML5 menggabungkan Formulir Web 2.0, spesifikasi WHATWG lain. HTML5 spesifikasi yang ditetapkan sebagai titik awal dari pekerjaan HTML baru kelompok kerja dari W3C pada tahun 2007. Kelompok kerja ini dipublikasikan Pertama Public Working Draft dari spesifikasi pada 22 Januari 2008. spesifikasi pekerjaan yang sedang berlangsung, dan diperkirakan akan tetap begitu selama bertahun-tahun, meskipun bagian HTML5 akan selesai dan dilaksanakan di browser sebelum seluruh spesifikasi mencapai status Rekomendasi akhir. Para editor Ian Hickson dari Google, Inc dan David Hyatt dari Apple, Inc
HTML5 memperkenalkan sejumlah elemen baru dan atribut yang mencerminkan penggunaan khas situs web modern. Beberapa dari mereka adalah semantik pengganti untuk penggunaan umum generik blok (<div>) dan sejajar (<span>) unsur, misalnya <nav> (website navigation block) dan <footer>. Unsur-unsur lain menyediakan fungsionalitas baru melalui antarmuka standar, seperti <audio> dan elemen <video>.

Beberapa deprecated elemen dari HTML 4.01 telah dijatuhkan, termasuk presentasional murni elemen seperti <font> dan <center>, yang efeknya dicapai menggunakan CSS. Ada juga yang diperbarui penekanan pada pentingnya DOM scripting di Web perilaku.

HTML5 Sintaks yang tidak lagi didasarkan pada kesamaan SGML meskipun dari markup. Hal ini, bagaimanapun, telah dirancang agar kompatibel dengan parsing Common versi yang lebih tua dari HTML. Muncul dengan perkenalan baru baris yang terlihat seperti jenis dokumen SGML deklarasi, <! DOCTYPE html>, yang memungkinkan memenuhi standar-render di semua browser yang menggunakan “DOCTYPE sniffing”.

API BARU

Selain menentukan markup, script HTML5 menentukan application programming interfaces (API). dokumen yang ada object model (DOM) antarmuka yang diperpanjang dan de facto fitur didokumentasikan. Ada juga API baru, seperti:

* The kanvas elemen untuk segera modus gambar 2D
* Jangka waktu pemutaran media
* Offline penyimpanan database
* Dokumen mengedit
* Drag-and-drop
* Cross-dokumen pesan
* Browser sejarah manajemen
* Tipe MIME dan protokol penangan sebesar

Beberapa fitur baru adalah bagian dari HTML5 terutama karena tidak ada relawan untuk membagi terpisah HTML5 dan mempertahankan spesifikasi fitur ini.

Perbedaan dari HTML 4.01/XHTML 1.x

Berikut ini adalah daftar singkat perbedaan dan beberapa contoh-contoh spesifik.

* Baru berorientasi pada aturan parsing parsing fleksibel dan kompatibilitas; tidak berdasarkan SGML
* Kemampuan untuk menggunakan SVG dan MathML inline teks / html
* New elemen – bagian, artikel, footer, audio, video, kemajuan, nav, meter, waktu, samping, kanvas
* New jenis bentuk kontrol – tanggal dan waktu, email, url, cari
* Baru atribut – ping (pada daerah dan), charset (di meta), async (di script)
* Global atribut (yang dapat diterapkan untuk setiap elemen) – id, tabindex, tersembunyi, data-* (custom data atribut)
* Formulir akan mendapatkan dukungan untuk metode PUT dan DELETE juga bukan hanya GET & POST (lihat Representasi Negara Transfer untuk digunakan kasus)
* Deprecated unsur menjatuhkan – pusat, font, pemogokan, frameset

Kesalahan penanganan

Sebuah HTML5 (text / html) browser akan fleksibel dalam menangani salah sintaks. HTML5 dirancang sedemikian rupa sehingga dapat dengan aman browser tua mengabaikan konstruksi HTML5 baru. Berbeda dengan HTML 4.01, maka spesifikasi HTML5 memberikan aturan rinci untuk lexing dan parsing, dengan maksud bahwa compliant browser berbeda akan menghasilkan hasil yang sama dalam kasus salah sintaks.
[sunting] Penyelesaian

Ian Hickson, editor spesifikasi HTML5, mengharapkan untuk mencapai spesifikasi Calon Rekomendasi W3C tahap selama 2012, dan Rekomendasi W3C pada tahun 2022 atau nanti. Namun, banyak bagian dari spesifikasi yang stabil dan dapat diimplementasikan dalam produk :

Beberapa bagian sudah relatif stabil dan ada implementasi yang sudah cukup dekat dengan penyelesaian, dan fitur-fitur tersebut dapat digunakan hari ini (misalnya <canvas>).

– APA Working Group, HTML5 Kapan akan selesai? , FAQ

Menurut jadwal W3C, diperkirakan bahwa HTML5 akan mencapai Rekomendasi W3C pada akhir 2010. Namun, Public Working Draft Pertama perkiraan ini tidak terjawab dengan 8 bulan, dan Terakhir Panggil dan Rekomendasi Calon yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2008 tetapi sebagai HTML5 dari akhir tahun 2009 belum mencapai W3C Last Call.
[sunting] Lihat pula

* Penggunaan format Ogg HTML5
* Perbandingan tata letak mesin (HTML5)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s